Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Membangun Rumah Minimalis
0 Comments

Rumah termasuk kebutuhan yang pokok atau primer. Karena semakin banyak orang yang ingin memiliki rumah, terutama pasangan yang baru menikah, tidak jarang pemilihan rumah minimalis menjadi hunian idaman mereka. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan modelnya yang tidak mewah, tentu sangat cocok untuk penghuni yang memiliki karakter yang sederhana dan tidak berlebihan.

Konsep hunian minimalis memakai perabotan yang tidak terlalu banyak, bahkan hanya yang benar-benar dibutuhkan saja, sehingga ruangan tidak terlihat sempit dan nyaman untuk digunakan. Karena keterbatasan luas ruangannya, Anda yang ingin membangun rumah dengan konsep simple tersebut harus mengatur sedemikian rupa dengan memaksimalkan ruang yang tersedia.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan saat akan membangun hunian minimalis.

  1. Tentukan tipe rumahnya

Sama dengan konsep mewah pada umumnya, rumah tinggal minimalis juga harus ditentukan tipenya seperti apa. Terdapat berbagai macam tipe yang tersedia untuk desain rumah minimalis dan Anda harus menentukannya terlebih dahulu agar perencanaan pembangunannya semakin mudah.

Masing-masing tipe yang tersedia berbeda-beda pembangunannya di mana ukuran dan model di tiap-tiap ruangannya tidak sama dengan tipe yang lainnya. Jika Anda melewatkan hal ini, sudah pasti Anda akan merasa kesulitan membangun hunian minimalis impian Anda. Tidak ada salahnya Anda bertanya masing-masing tipe minimalis ke orang yang lebih profesional agar Anda dapat mengetahui perbedaannya.

  1. Riset harga bahan bangunan

Harga bahan bangunan merupakan salah satu hal yang cukup krusial dan harus dipertimbangkan dengan matang. Bahan bangunan memiliki harga yang tidak konsisten, sehingga sewaktu-waktu akan berubah tanpa Anda sadari. Harganya pun bisa berbeda-beda di masing-masing toko bangunan, ada yang memberikan harga yang terjangkau, ada pula yang menawarkan dengan harga yang lebih tinggi.

Karena itulah, Anda harus melakukan riset harga bahan bangunan untuk memudahkan perencanaan biaya pembangunan. Rencana dana pembangunan perlu di mulai dari bahan bangunan. Kalau Anda tidak melakukan riset dan sembarangan memperkirakan biaya bahan-bahannya, maka biaya pembangunan Anda akan keluar lebih besar, apalagi yang harga awalnya dinilai murah ternyata lebih mahal.

Lakukan riset dengan mengunjungi toko bangunan atau bertanya ke orang yang lebih paham mengenai bahan-bahan bangunan. Pilih toko bangunan yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya.

  1. Menentukan desain rumah

Desain hunian minimalis harus Anda rencanakan dengan baik agar setiap detailnya lebih dimaksimalkan, mengingat ukuran tiap ruangannya tidak terlalu luas. Tiap detail arsitektur rumah minimalis perlu Anda gambarkan agar saat pembangunannya Anda tidak bingung dan memudahkan tukang bangunan maupun mandornya membangun hunian masa depan Anda.

Selain itu, rumah tinggal dengan konsep minimalis akan semakin nyaman kalau Anda memasukan unsur karakter Anda ke dalam hunian tersebut. Misalnya saja Anda memiliki karakter yang sederhana dan tidak ingin repot, maka Anda dapat memakai desain rumah dengan perabotan yang multifungsi dan warna yang simple.

Berbeda jika Anda karakter yang ceria dan suka berpetualang, Anda bisa menggabungkan konsep minimalis dengan warna-warna yang cukup cerah dan perabotan yang klasik modern.

  1. Buat ruang multifungsi

Karena Anda akan membangun rumah minimalis, maka ada baiknya Anda membuat ruang multifungsi saja. Ruangan dengan menggabungkan berbagai fungsi tersebut memang sudah semakin banyak diterapkan pada konsep minimalis. Hal tersebut dilakukan agar tidak memakan banyak ruang, khususnya bisa lebih menghemat biaya pengeluaran pembangunan.

Misalnya saja Anda dapat menggabungkan ruang keluarga dengan ruang tamu atau ruang makan langsung dijadi satu dengan dapur. Dengan begitu, Anda bisa semakin memaksimalkan masing-masing fungsi ruangannya.

Yang perlu diingat dalam membangun hunian minimalis yaitu rencanakan dengan baik mulai dari bahan bangunan yang digunakan, jasa tukang bangunan, desain yang diterapkan, sampai biaya tambahan yang perlu Anda persiapkan. Pastikan Anda mencari jasa tukang bangunan yang profesional agar waktu perencanaannya dapat selesai tepat waktu.